Selamat Datang diBlog Karang Taruna Kecamatan Caringin Cipta Taruna Bangsa

Sabtu, 07 Januari 2012

Informasi Menarik

Rekan muda kami menemukan informasi menarik seputar Desa Melek Informasi, menarik juga kan, meski informasi ini sudah satu tahun lebih tapi tidak ada salahnya untuk kita coba di wilayah sendiri. Informasi ini kami dapat dari sini.
Sebagai organsisasi sosial kepemudaan yang berorientasi membangun masyarakat pedesaan/kelurahan, Karang Taruna, menurut kepala Dinas Komunikasi, dan Informasi (Kominfo) Sumatera Utara, Eddy Syofian, sudah saatnya memikirkan dan mengembangkan jaringan informasi, dan memberikan pendidikan teknologi bagi masyarakat di pedesaan dan kelurahan.
“Perlu dilakukan pemetaan desa-desa yang bisa dijadikan pilot project untuk kegiatan pengembangan, dan pemberian pengetahuan teknologi bagi masyarakat desa tersebut. Dan kami siap bekerjasama untuk melaksanakan kegiatan tersebut,” katanya, malam ini.
Berbicara saat menerima audensi pengurus Karang Taruna dan Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Sumatera Utara, Eddy, mengakui, dirinya terus mengikuti perkembangan Karang Taruna di Sumatera Utara.
Dicontohkan, program desa digital yang selama ini disponsori oleh berbagai perusahaan telekomunikasi, perlu diikuti dengan melakukan kegiatan yang bertajuk Desa Melek Informasi,  Desa Berdering ataupun Desa Internet.
“Kalau program ini dapat terlaksana, maka saran gubsu, Syamsul Arifin, agar menggelorakan program desa mengepung kota yang diserahkan kepada Karang Taruna akan dapat berjalan dengan sendirinya,” ujarnya.
Kondisi saat ini, tambahnya, membutuhkan organisasi-organisasi yang memiliki kepedulian bagi pengembangan pengetahuan masyarakat dan hal ini menurutnya dimiliki Karang Taruna.
“Sebagai organisasi mitra pemerintah, Karang Taruna harus mampu memanfaatkan program program pemerintah dan sangat rugi bila pemerintah daerah baik itu kabupaten dan kota yang tidak bisa memanfaatkan potensi yang ada pada Karang Taruna ini,” tegasnya.
Agar program tersebut berhasil, Karang Taruna perlu mempedomani tiga pondasi yaitu, membangun tranparansi, membangun semangat partisipatoris, dan membangun akuntabilitas. “Bila hal ini dapat berrjalan diyakini seluruh program Karang Taruna Sumatera Utara akan dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
(pasang iklan Gratis, kirimkan ke email karangtaruna.ctb@gmail.com)
Masukan Sobat Begitu Berarti
Bagaimana Menurut Sobat Blog Ini?





Jabatan Sobat Di Karang Taruna?








View Results