Selamat Datang diBlog Karang Taruna Kecamatan Caringin Cipta Taruna Bangsa

Kamis, 28 Oktober 2010

Lebih Dekat Tentang Karang Taruna

Sumber berita dari indosiar menulis Karang Taruna organisasi sosial dibawah  naungan Departemen Sosial sempat mengalami kevakuman saat Depsos  dibekukan oleh Pemerintahan Gus Dur. Dengan dicanangkannya kembali, bulan  bakti Karang Taruna beberapa waktu lalu di Palopo, Sulawesi Selatan menandai  lagi aktifnya organisasi ini sebagai wadah anak muda tanah air untuk berkarya.
Bermain musik seperti yang dilakukan anak-anak muda adalah salah satu  bentuk kegiatan di Karang Taruna. Sebuah organisasi sosial dibawah binaan  Departemen Sosial. Karang yang berarti tempat dan Taruna bermakna Pemuda  dibentuk untuk menampung kegiatan para remaja.
Selain kegiatan kesenian, dibeberapa daerah aktivitas sosial Karang Taruna  nyaris tak terlihat. Nuansa gotong royong tercermin dalam kehidupan  bermasyarakat, seperti yang tengah berlangsung di Kelurahan Lagaligo,  Kecamatan Buara, Kota Palopo.
Secara swadaya, mereka memperbaiki rumah penduduk korban kebakaran.  Menengok ke belakang terbentuknya Karang Taruna ini berawal dari  sekelompok pemuda asal Kampung Melayu, Jakarta yang berkumpul secara tak  sengaja. Pertemuan yang bertujuan untuk membahas permasalahan di  kalangan remaja itu terjadi tahun 1960 silam.
Dalam perkembangan selanjutnya, karena kegiatan yang dilakukan Karang  Taruna ini sejalan dengan jiwa anak muda, secara alami menarik perhatian  kalangan muda. Dan hampir disetiap desa terdapat Karang Taruna.
Sebagai wujud pengakuan keberadaan organisasi ini, pemerintah mencatatkan  Karang Taruna dalam GBHN tahun 84. Sejak itu, organisasi ini menjadi besar  dan menyedot cukup banyak anggota.
Namun di masa pemerintahan Gus Dur, ketika Departemen Sosial dibubarkan,  Karang Taruna selama beberapa pekan mengalami kevakuman kegiatan.  Melalui kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna yang dicanangkan belum lama ini  di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, menandai bangkitnya kembali organisasi ini.
Berbagai ketrampilan diajarkan dalam Karang Taruna. Seperti kesibukan yang  sehari-hari terlihat di salah satu Balai Latihan Kerja Karang Taruna di  Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.
Sesuai tujuannya, Karang Taruna didirikan untuk memberikan pembinaan  kepada remaja, terutama yang putus sekolah dan menganggur, berasal dari  keluarga pra sejahtera. Tentu tak setiap remaja bisa mendapatkan  kesempatan mencicipi ketrampilan di Balai Patihan ini. Mereka dijaring melalui  serangkaian proses seleksi, mulai dari umur yang dibatasi antara 16 hingga 21  tahun, berbadan sehat, belum menikah dan punya motivasi tinggi untuk maju. Bagi remaja putra yang berbakat di bidang elektronik, dididik agar trampil  menggarap bidang elektronik. Mulai dari memperbaiki tape recorder, televisi,  dan barang-barang elektronika lainnya termasuk handphone. Bagi mereka yang  senang mengotak atik mesin, diberi ketrampilan tentang permesinan  kendaraan roda dua dan empat. Bagi yang tidak mengemudi juga diajari  mengemudi hingga mendapat SIM.
Di Balai Pelatihan yang seluruhnya adalah remaja anggota Karang Taruna ini,  juga mengajari mereka bagaimana menjadi tukang kayu. Kegiatan di balai ini  memang lebih ditekankan pada kegiatan praktek 70 persen, teori 30 persen.  Sementara bagi remaja putri, diajarkan ketrampilan rumah tangga. Mulai dari  memasak membuat bermacam-macam makanan dan minuman, hingga bidang  jahit menjahit. Ketrampilan menata penampilan diri juga diajarkan di balai ini. Tentu semua kegiatan disesuaikan dengan minat dan bakat masing - masing  anggota. Sebagian besar diantaranya mereka yang telah lulus dari balai ini,  terbukti sukses menjadi tenaga kerja di luar negeri atau membuka usaha  sendiri. Di depan, Karang Taruna sebagai wadah pemuda Indonesia, yang  merupakan lapisan terbesar segmen kependudukan di tanah air, melalui  berbagai pendidikan dan ketrampilan diharapkan mereka menjadi aktif dan  produktif dan pada akhirnya dapat hidup secara mandiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
(pasang iklan Gratis, kirimkan ke email karangtaruna.ctb@gmail.com)
Masukan Sobat Begitu Berarti
Bagaimana Menurut Sobat Blog Ini?





Jabatan Sobat Di Karang Taruna?








View Results