Karang Taruna

Cipta Taruna Bangsa

Selasa, 19 Oktober 2010

Karang Taruna Bintang Harapan Gandeng PKPU

Ketika kami jalan-jalan menelusuri informasi didunia maya, kami tertarik dengan informasi dari situs PKPU, dimana informasinya seputar Karang Taruna.
dari informasi yang didapat dimana bertempat di SDN Tancep II, PKPU D.I Yogyakarta bekerja sama dengan Karang Taruna “Bintang Harapan” Sendangrejo, Tancep, Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunungkidul menggelar serangkaian kegiatan bazar (pasar murah) dan pemeriksaan kesehatan secara gratis bagi masyarakat Desa Ngawen dan sekitarnya.

Bazar dengan menjual beberapa kebutuhan menjelang lebaran yang lalu seperti pakaian, sembako, kue lebaran, sepatu sandal dan sebagainya. Desa yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Klaten di provinsi Jawa tengah ini berada dilereng perbukitan kapur.

Dengan bermata pencaharian sebagai buruh harian lepas dan petani tadah hujan dengan penghasilan yang pas-pasan. Walaupun demikian tingkat pendidikan di desa ini lebih baik dibandingkan daerah lain diperbatasan Kabupaten Gunungkidul dengan Klaten ini yaitu rata-rata lulusan SMA dan sederajat.

Sementara itu kegiatan bazar diikuti sekitar 500 warga Desa Tancep dan sekitarnya. Sedangkan pemeriksaan kesehatan diikuti oleh kurang lebih 147 orang pasien. “Lumayan mas daripada ke pasar Klaten atau Wonosari terlalu jauh, lebih baik belanja di arena bazar disini. Selain harganya dapat lebih murah juga cukup jalan kaki sudah bisa berbelanja sesuai kebutuhan,” ujar salah seorang pengunjung pasar murah yang berada di halaman SDN Tancep II.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dukuh Sendangrejo Tancep, Sunardi mewakili pemerintah desa setempat mengucapkan banyak terima kasih kepada PKPU yang telah menyelenggarakan program di desa ini sehingga banyak warga di desa ini yang sangat terbantu.

“Dengan adanya pemeriksaan dan konsultasi kesehatan keliling secara gratis dari PKPU masyarakat desa kami meningkat dan mengerti tentang pentingnya kesehatan,” kata Sunardi saat memberikan sambutan.

Menurut kepala Bidang Pendayagunaan PKPU Yogyakarat Muthori, A.Md program ini bertujuan meringankan beban kebutuhan masyarakat desa ini dalam rangka menjelang lebaran.

Selain itu pemeriksaan dan konsultasi kesehatan gratis yang termasuk dalam program layanan kesehatan keliling (Prosmiling) PKPU bertujuan meningkatkan derajat kesadaran tentang kesehatan bagi masyarakat desa ini.

“Program ini merupakan wujud kepedulian PKPU terhadap warga desa ini yang sebagian besar kaum dhuafa atau berada di bawah garis kemiskinan. Semoga program ini bermanfaat bagi masyarakat Desa Tancep dan sekitarnya,” tutur Muthori saat tim PKPU berpamitan.

PKPU mengucapkan terima kasih bagi masyarakat yang telah berpartisipasi dalam program ini.

0 Comments:

Posting Komentar