Karang Taruna

Cipta Taruna Bangsa

Kamis, 28 Oktober 2010

Apa Karang Taruna Itu ?

Dari wikipedia ditulis bahwa Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan di  Indonesia. Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda  nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial  dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa /Kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang  kesejahteraan sosial. Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna  merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam  upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan  semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun  sumber daya alam yang telah ada.
Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna berpedoman pada Pedoman  Dasar dan Pedoman Rumah Tangga dimana telah pula diatur tentang struktur  penggurus dan masa jabatan dimasing-masing wilayah mulai dari Desa /Kelurahan sampai pada tingkat Nasional. Semua ini wujud dari pada  regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota  Karang Taruna baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.
karang Taruna beranggotakan pemuda dan pemudi (dalam AD/ART nya diatur  keanggotaannya mulai dari pemuda/i berusia mulai dari 11 - 45 tahun) dan  batasan sebagai Pengurus adalah berusia mulai 17 - 35 tahun.
Karang Taruna didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan dan  pemberdayaan kepada para remaja, misalnya dalam bidang keorganisasian,  ekonomi, olahraga, ketrampilan, advokasi, keagamaan dan kesenian.

0 Comments:

Posting Komentar